Home Berita 5 Prinsip Pendampingan Masyarakat Desa

5 Prinsip Pendampingan Masyarakat Desa

563
0
Prinsip Pendampingan Masyarakat Desa

Pendampingan masyarakat Desa dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip yang telah ditetapkan. Ada 5 prinsip pemberdayaan masyarakat Desa, yakni :

  1. Prinsip kemanusiaan, yaitu bahwa Pendampingan Masyarakat Desa dilakukan dengan mengutamakan pemenuhan hak dasar, serta harkat dan martabat Masyarakat Desa.
  2. Prinsip keadilan, yaitu bahwa Pendampingan Masyarakat Desa dilakukan dengan mengutamakan pemenuhan hak dan kepentingan seluruh warga Desa tanpa membeda-bedakan atau nondiskriminasi.
  3. Prinsip kebhinekaan, yaitu bahwa Pendampingan Masyarakat Desa diselenggarakan dengan mengakui dan menghormati keanekaragaman, baik keanekaragaman pilihan, pendapat, dan identitas Masyarakat Desa maupun keanekaragaman budaya dan kearifan Desa sebagai pembentuk kesalehan sosial berdasarkan nilai kemanusiaan universal.
  4. Prinsip keseimbangan alam, yaitu bahwa Pendampingan Masyarakat Desa diselenggarakan dengan mengutamakan perawatan bumi yang lestari untuk keberlanjutan kehidupan manusia.
  5. Prinsip kepentingan nasional, yaitu bahwa Pendampingan Masyarakat Desa diselenggarakan dengan mengutamakan pelaksanaan kebijakan strategis nasional untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Prinsip-prinsip tersebut diatur dalam ketentuan Pasal 3 ayat (1), (2), (3), (4), (5), dan (6) Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Demikian ulasan tentang 5 prinsip pendampingan masyarakat Desa. Semoga bermanfaat bagi Sobat Desa di seluruh tanah air, Indonesia.

Sumber : Format Administrasi Desa

Previous articlePengertian BUMDes dan Manfaatnya
Next articlePokok Kebijakan Teknis Pendampingan Masyarakat Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here