Home Kabar Desa Pemdes Bungko Salurkan Bantuan Beras CBP Kepada 189 KPM

Pemdes Bungko Salurkan Bantuan Beras CBP Kepada 189 KPM

271
0

BUNGKO – Pemerintah Desa Bungko menyerahkan Bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2021.

Penyerahan bantuan ini secara simbolis oleh Sangadi Bungko Kautsar Muri Gonibala, SE kepada masyarakat penerima bantuan bertempat di Kantor Desa Bungko. Rabu, (04/08/2021).

Sangadi Bungko dalam kesempatan itu mengatakan, Pandemic Covid19 masih aktif hingga saat ini, bahkan telah bermutasi kevarian yang jauh lebih berbahaya dan mengkhawatirkan serta berimplikasi terhadap semua sektor kehidupan masyarakat, baik sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

”Sejak kemunculan Pandemik covid-19 ini, telah membentuk karakter dan cara berpikir serta bertindak Pemerintah (Birokrasi) dan masyarakat berbeda dengan sebelumnya.” katanya.

Menurutnya, Perubahan perilaku bermasyarakat yang mengharuskan setiap orang tunduk dan patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan badan otoritas yang benwenang berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pasalnya, kata Muri, sebagai langkah antisipasi dan ikhtiyar dalam mencegah dan menangani lonjakan kasus covid-19 di Indonesia umumnya dan di Kota Kotamobagu khususnya, maka Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dijelaskan, sebagai upaya Pemerintah untuk meringankan beban hidup Masyarakat Terdampak dari kebijakan PPKM tersebut, Khusunya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Kotamobagu melalui APBN 2021.

Oleh sebab itu, Pemerintah Pusat memberikan alokasi bantuan sosial (BANSOs) berupa beras sebanyak 10 kilogram per keluarga yang bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebagaimana Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia yang tertuang didalam surat Perintah Menteri Dalam Negeri Nomor 511.2/4014/SJ. Tanggal 23 Juli 2021; Tentang penyaluran Bantuan Beras Bagi KPM PKH dan KPM BST tahun 2021.

“Tujuan dari program ini juga adalah mengurangi pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Muri berharap keluarga penerima manfaat dapat memanfaatkan bantuan sosial, baik beras CBP maupun bansos tunai untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Khususnya memenuhi asupan gizi dan karbohidrat yang memadai sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah Covid-19 di daerah ini,” tutur Muri.

Muri juga mengapresiasi program ini yang dinilai sangat membantu dalam hal upaya penanganan Covid-19 di Desa Bungko.

“Saya atas nama Pribadi beserta seluruh masyarakat Desa Bungko mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ibu Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dan Bapak Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, SH beserta seluruh pihak yang terkait, sehingga program penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada masa PPKM ini dapat kita laksanakan. Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban warga pada masa PPKM di di masa pandemi ini.” katanya.

Adapun jumlah penerima bantuan beras PPKM 2021 ini di Kota Langsa secara keseluruhan adalah 189 KPM.

Penyerahan CBP berjalan lancar dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19. (Humas Bungko)

Previous articleLuhut Minta 8 Persen Dana Desa untuk Covid-19: Jangan Sampai Ada yang Meninggal
Next articleSoal Dana Desa, Wamendes Selalu Mengecek Ini, Para Kades Siap-Siap Saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here