Home Berita Pedoman Teknis RKP Desa 2023

Pedoman Teknis RKP Desa 2023

Petunjuk ini disusun sebagai upaya dalam mendorong terwujudnya tata pemerintahan Desa yang baik dalam hal perencanaan Desa

2335
0

Pengantar

Alhamdulillah, berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa sehingga atas kebaikan-Nya, sampailah pada saat yang berbahagia ini, Tim Penyusun dengan bangga mempersembahkan naskah pedoman teknis penyusunan dokumen perencanaan Desa tahunan kepada pembaca budiman. Tim penyusun bergulat secara intens dengan berbagai segi tumpukan dokumen referensi dan pengalaman dari berbagai pihak, tentunya berbasis Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, sehingga tim dapat menyelesaikan dokumen pedoman teknis ini.

Dokumen yang dimaksud ini merupakan dokumen yang terus menerus disusun oleh pemerintah Desa sebagai langkah awal dalam membangun Desa setiap tahunnya. Dokumen ini merupakan acuan yang bisa pembaca jadikan rujukan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKP Desa tahun 2023.

Tim Penyusun menyadari bahwa tidak menutup kemungkinan terdapat ketidaksempurnaan dalam Pedoman Teknis ini, oleh karenanya segala saran, kritik, dan masukan yang membangun, dapat sekiranya disampaikan guna mempertajam arah perencanaan yang dimaksud.

Akhirnya, Tim Penyusun mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan ini, semoga menjadi amal kebaikan, bukan hanya untuk diri sendiri, namu juga untuk bangsa dan negara tercinta.

Tahapan

Dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 pada Pasal 22 ayat (4) bahwa RKP Desa disusun pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan paling lambat akhir bulan September tahun berjalan. RKP Desa yang telah disusun ditetapkan dengan Peraturan Desa dan disepakati/disetujui bersama BPD.

Adapaun tahapan dalam penyusunannya, sebagai berikut:

  1. Pembentukan Tim Penyusun RKP Desa
  2. Pencermatan dan penyelarasan rencana kegiatan dan pembiayaan Pembangunan Desa
    1. Pencermatan dan Penyelarasan Daftar Rencana Program dan Kegiatan yang Masuk ke Desa
    2. Pencermatan Data dan Informasi tentang Rencana Pembiayaan Pembangunan Desa
  3. Pencermatan Ulang RPJM Desa
  4. Penyusunan Rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa
    1. Penyusunan Rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa
    2. Musyawarah Desa tentang Perencanaan Desa
  5. Musrenbang Desa pembahasan rancangan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa
  6. Musyawarah Desa pembahasan dan pengesahan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa

Berikut kami bagikan Pedoman Teknis Penyusunan RKPDes 2023 yang disusun oleh Cangkir Desa sebagai penyempurnaan dari pedoman sebelumnya (pedoman RKP 2022), Petunjuk tekns ini bisa Anda download secara gratis dalam web ini serta dilarang keras untuk menjiplak atau mempublikasikan di web lain tanpa seijin Admin atau encantumkan sumber link website ini sesuai dengan kebiajkan privasi kami.

Sumber : Cipta Desa

Previous articleBesaran Anggaran Dana Desa Era Jokowi Disebut Percepat Kemajuan Daerah
Next articleDokumen RKP Desa 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here