Home Berita Status Perangkat Desa Diangkat Menjadi ASN Kategori PPPK 2023

Status Perangkat Desa Diangkat Menjadi ASN Kategori PPPK 2023

26427
17

Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, perangkat desa mempunyai peranan yang sangat penting selain peranan seorang Kepala desa/Sangadi.

Etos kerja para perangkat desa dalam menjalankan fungsi, tugas serta kewajibannya, selama ini memang belum berjalan secara dengan optimal.

Salah satu penyebabnya yaitu sampai saat ini belum adanya kejelasan tentang status kepegawaian para abdi masyarakat tersebut.

Dimana kita ketahui, status kepegawaian merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja seorang pegawai di suatu organisasi atau instansi.

Dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa sendiri belum memuat adanya klausal khusus terkait status kepegawaian perangkat desa.

Walaupun demikian para perangkat desa, harus tetap bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas yang diembannya.

Pemerintah saat ini masih terus mengupayakan dan membuat kebijakan yang berpihak dengan perangkat desa.

Seperti signal positif yang disampaikan oleh Kemendagri Tito karnavian tentang keinginan adanya aturan terkait kejelasan tentang status perangkat desa.

Senada dengan hal tersebut beberapa waktu lalu Nana Wahyudi selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Subdit Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, juga menginginkan segera adanya kepastian atau kejelasan tentang status perangkat desa.

Pihaknya juga mengusulkan agar Perangkat Desa diangkat sebagai ASN kategori PPPK. (*)

SUMBERLintasTV
Previous article7 Contoh Program Inovasi Desa Untuk Desa Semakin Sejahtera
Next article3 Persen Dana Desa Sudah Bisa Digunakan Untuk Operasional Pemerintah Desa, Berikut Kode Rekeningnya

17 COMMENTS

  1. Assalamu alaikum wr wb selamat siang semuanya salam hormat untuk pak menteri,,,,terimakasih seblmnya,, saya adalah perangkat desa sudah mengabdi lebih kurang 14 tahun sampai hari ini, dan kami selaku perangkat desa dengan beban kerja yg cukup lumayan tinggi denggan tuntutan laporan dlll sehingga perlu prmemrintah pusat memikirkan kejelasan status……terimakasih atas perhatian

    • Saya bukan perangkat desa, akan tetapi saya lihat status perangkat desa itu jelas pada masa jabatan kepala desa, dan di selang waktu berjalan akhir masa jabatan kepala desa habis, dan terjadi pilkades berikutnya kemungkinan perangkat desa yang lama akan di ganti karena inilah politik di pilkades, otomatis perangkat desa akan ada yang baru, jadi perangkat desa lama di kemana in, nah itulah status perangkat kedepan tidak jelas, selain itu desa yang sudah mandiri sebelumnya kembali dari nol, kenapa itu bapak ibu , kan sudah ada perangkat desa baru belajar duluh lah dari tupoksi masing2. Ini yang perlu di garis bawahi.. agar kenapa…? Agar desa itu tidak berjalan ditempat. Terimakasih.

        • Saya perangkat desa dari 2017 sampai sekarang tapi saya bingung dengan peraturan pemerintah yang katanya gaji perangkat desa sesuai dengan golongan 2a. Tapi sepertinya hanya peraturan yang tertulis di atas kertas saja. Karena kenyataanya peraturan itu tidak berlaku. Karena saat ini kami belum terima gaji sesuai dengan golongan 2a. Kepada pemerintah pusat tolong di koreksi lagi peraturannya supaya tidak membuat perangkat desa tidak terlalu berangan-angan selain itu juga banyak rekan- rekan perangkat desa dari desa lain setelah pemilihan Kepala Desa baru , perangkat desanya juga di ganti dengan alasan alasan yang macam- macam tapi hanya sekedar alasan agar bisa mengganti perangkat desa dan sampai sekarang tidak ada tindakan dari pemerintah sesuai dengan peraturan yang telah dibuat. Saya cuma bingung dengan peraturan nya.

      • Di desa saya perangkat desa tidak ganti” tetap sampai usia pensiun yaiutu 60 th, karena ada SK nya. Sedangkan yang kepala desa Max 2 periode. Oleh karena itu saya setuju jika perangkat desa di angkat jadi ASN/PPPK selain kepala desa yang di angkat. Karena perangkat desa kerja hampir sama seperti ASN bahkan dituntut kerja lebih.

      • Sekdes dan prangkat desa juga tidak ada kekuatan di desa,salah atau benar kepala desa itu wajib mengikuti kepala desa,klau tidak akan di ganti,ini lah pnyebab mudah nya terjadi korupsi di desa,apalagi para prangkat itu family n tim kemenangan dari kpla desa ..

  2. Saya sudah menjadi abdi masyarakat/ perangkat desa jabatan kepala wilayah selama 5 tahun berharap kejelasan tentang upah atau gaji sebagai bagian dari perangkat desa(Kelapa wilayah) yang masih minim dan ditambah lagi kepala wilayah tidak mendapatkan tunjangan,seperti kasi dan kaur. Dan sangat berharap lagi tentang masa depan kerja perangkat desa ini,untuk diperhatikan oleh pemerintah pusat. Tks

  3. Terimakasih sblm nya buat pak Mentri, sy perangkat sdh tujuh yg, tp sampai 2022 kami blm ikut serta dlm pengangkatan setara gol 2A, baru di awal 2023 sy baru di angkat setara gol 2A tsb, itu on sampai skrg SK sy blm sampai ketangan sy. Dan gajian pun per triwulan. Saya dari sumatera Utara kab Tapanuli tengah, kec Manduamas. Terima kasih pak Mentri.

  4. Saya sudah menjadi perangkat yaitu sekdes di desa Wawo kecamatan Wawo kabupaten Kolaka Utara provinsi Sulawesi tenggara sudah enam tahun dan sudah memegang SK penyesuaian masa jabatan perangkat desa sebagai akibat dari Permendagri no.67 tahun 2017 atas perubahan dari Permendagri no.83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa serta perda kabupaten Kolaka Utara no. 5 tahun 2020. Tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yg salah satu pasalx berbunyi bahwa perangkat desa berhenti karena :
    1. Meninggal dunia
    2. Mengundurkan diri atas kemauan sendiri
    3. Di berhentikan
    Di berhentikan di maksud di atas adalah bahwa salah satunya :
    1 telah genap berusia 60 tahun
    2.Menjadi terpidana dengan sudah terbitx keputusan pengadilan yg sudah inkra dgn putusan penjara paling sedikit 5 tahun
    3. Menjadi pengurus atau anggota partai politik
    4. Dan lain-lain tentang larangan yg bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yg berlaku ….
    Namun pada kenyataanx di daerah tidak ada yg melaksanakan hal tersebut.sehingga selalu trauma bilamana ada agenda politik yaitu Pilkades,seenakx saja kami di berhentikan oleh kepala desa yang terpilih, dan hampir tdk ada yg membela,karena dianggap hanya kepala desa yg punya peran di desa, sehingga kami perangkat desa tdk bisa bekerja dgn maksimal.tentu dgn hal tersebut yg kami sampaikan ini agar perlu ada tindakan nyata,penegakan sanksi yg sesungguhx bagi pelanggar aturan.serta adanya percepatan perubahan status perangkat desa yg lebih mengikat lagi sehingga kami selaku perangkat desa bisa bekerja lebih kredibel.

  5. Saya selaku Perangkat Desa Di bidang Kepala Dusun yang bertemu langsung ke masyarakat pak,dari Rumah Ke Rumah untuk melihat Kondisix,begitu banyak Masalah yg kami Hadapi,Harapan kami Smoga Kedepannya Perangkat Desa di PNSkan Juga Pak,Salam Hormat dari Kami DESA TAKKALALA,KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

  6. ANGI NDAI
    Assalamu Alaikum Wr… Wb… selamat siang semuanya salam hormat untuk Pak Menteri,,,,terimakasih sebelumnya,,,saya adalah perangkat Desa sudah mengabdi dari tahun 2005 lebih kurang 18 tahun berjalan sampai hari ini, dan kami selaku perangkat Desa dengan beban kerja yang cukup lumayan tinggi dengan tuntutan sesuai tupoksi yang tak kenal lelah siang maupun malam,,,oleh karena itu kami selaku abdi Negara paling bawah sangat setuju apabila kami di perjelas dengan status.

  7. Assalamualaikum warohmatullahi wabarrokatuh
    Bapak ibu yang kami hormati kami perangkat desa mengerjakan semua pekerjaan di lingkup desa namun kami kami berharap sttus yg baik untuk kami data yg di perlukan mulai dari lembaga yg terkecil yaitu desa kinerja kami sllu dibutuhkan oleh masyarakat. Saya 9 tahun bekerja menjadi aparat desa saya berharap kepada Allah semoga pekerjaan saya ini di ridhoi dan Allah angkat drajat rezeki saya melalui status asn…bapak ibu yg kami hormati tolong lihat kami yg saat ini sebagai perangkat desa kami ingin punya status asn ntah itu pppk atau pns supaya kami semangat lg pak buk dan suapaya pemerintahan desa sperti administrasi dan lain nya tetap berjalan baik kalo tidak punya status kami khawatir mudah gonta ganti aparat dan administrasi berantakan..

  8. Jika ada pengangkatan perangkat Desa Jadi Asn ….bisa di ikuti oleh seluruh anggota masyarakat yang memenuhi syarat tidak terikat dengan yang sekarang posisinya menduduki jabatan perangkat jadi untuk umum atau ada jalur yang di khususkan agar adil dan merata …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here