P3PD: Pengertian, Strategi, Tugas, dan Pendanaan

- Editor

Senin, 24 Juli 2023 - 04:41 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian P3PD

P3PD adalah singkatan dari Program Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan peran, kesejahteraan, dan perlindungan bagi perempuan dan anak-anak di Indonesia. P3PD bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender, mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta meningkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan politik.

Strategi P3PD

Advokasi dan Kesadaran Masyarakat: Strategi ini berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu gender dan perlindungan anak. Melalui kampanye, sosialisasi, dan pendidikan, P3PD berusaha untuk mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap perempuan dan anak, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung pemberdayaan dan perlindungan mereka.

Peningkatan Akses Terhadap Layanan: P3PD berupaya meningkatkan akses perempuan dan anak terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan sosial. Hal ini mencakup peningkatan akses terhadap layanan kesehatan reproduksi, penanganan kasus kekerasan, pendampingan hukum, serta penguatan layanan sosial bagi perempuan dan anak yang rentan.

Pemberdayaan Ekonomi: P3PD juga fokus pada pemberdayaan ekonomi perempuan dengan memberikan pelatihan, pendampingan usaha, dan akses terhadap modal usaha. Dengan meningkatkan kapasitas ekonomi perempuan, diharapkan mereka dapat lebih mandiri dan memiliki peran aktif dalam pembangunan ekonomi desa dan nasional.

Penguatan Institusi: Strategi ini berfokus pada penguatan lembaga dan kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak. P3PD bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan non-pemerintah untuk mengembangkan kebijakan dan program yang mendukung hak-hak perempuan dan anak.

Pencegahan dan Penanganan Kekerasan: P3PD berupaya mencegah dan menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ini mencakup penyuluhan dan kampanye tentang bahaya kekerasan, pelatihan untuk penanganan kasus kekerasan, serta penyediaan tempat aman dan layanan rehabilitasi bagi korban kekerasan.

Tugas P3PD

Penyusunan Kebijakan dan Program: P3PD bertanggung jawab dalam menyusun kebijakan dan program yang berfokus pada pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak. Kebijakan dan program ini dirancang untuk mengatasi isu-isu gender, kekerasan, serta peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak.

Pengawasan dan Evaluasi: P3PD memiliki tugas untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan program-program yang telah dirancang. Pengawasan dilakukan untuk memastikan program berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kampanye dan Sosialisasi: P3PD melakukan kampanye dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu gender dan perlindungan anak. Kampanye ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang masih diskriminatif terhadap perempuan dan anak.

Pendampingan dan PelatihanP3PD memberikan pendampingan dan pelatihan kepada perempuan dan anak untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam berbagai bidang, seperti keterampilan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Pendanaan P3PD

Pendanaan P3PD berasal dari berbagai sumber, antara lain:

Anggaran Pemerintah: Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyediakan anggaran untuk mendukung program P3PD. Anggaran ini digunakan untuk pembiayaan kegiatan, pelatihan, dan layanan untuk perempuan dan anak.

Dana Internasional dan Donatur: Beberapa program P3PD juga didukung oleh dana dari organisasi internasional dan donatur. Dana ini digunakan untuk memperluas cakupan program dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Swadaya Masyarakat: Selain itu, dukungan dari swadaya masyarakat, LSM, dan kelompok-kelompok lain juga dapat menjadi sumber pendanaan untuk kegiatan P3PD. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting dalam mendukung program pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak.

Kesimpulan

Program Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (P3PD) merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan peran, kesejahteraan, dan perlindungan bagi perempuan dan anak-anak. Dengan strategi advokasi, peningkatan akses layanan, pemberdayaan ekonomi, penguatan institusi, dan pencegahan kekerasan, diharapkan P3PD dapat memberikan dampak positif dalam mewujudkan kesetaraan gender dan meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak di Indonesia. Pendanaan P3PD berasal dari berbagai sumber, termasuk anggaran pemerintah, dana internasional, dan swadaya masyarakat.

Berita Terkait

INFO GEMBIRA! JADWAL CAIR PKH TAHAP 4 & BPNT JULI, SELAMAT KPM WILAYAH INILAH YANG CAIR DULUAN
BARU DISIARKAN! Bapak/Ibu Penerima PKH BPNT Hari Ini Senin 15 Juli 2024, Mohon Maaf KPM Ini Sudah Dihapus dan Tidak Cair
Kabar Bahagia! 4 Bansos Mendesak Dicairkan Buat Biaya Masuk Sekolah & Bahan Pangan Mulai Hari Ini 15 Juni hingga Minggu Depan
Segera Cek KKS Sekarang! BLT Rp1 Juta Cair di 2 KKS Hari Ini! KPM Golongan Ini Dapat BLT Rp100.000/Bulan? Cek Infonya
REJEKI KPM PKH BPNT YANG DITUNGGU-TUNGGU! UANG PKH TAHAP 4 CAIR RP1.400.000 KATEGORI KPM INI SIMAK
4 BANSOS MENDESAK DICAIRKAN BUAT BIAYA MASUK SEKOLAH & BAHAN PANGAN MULAI BESOK HIGGA MINGGU DEPAN
KABAR GEMBIRA MULAI BESOK JADWAL SALUR PKH TAHAP 4 & BPNT SELAMAT KPM INILAH YANG AKAN CAIR DULUAN
MANTAP! Saldo 1 Juta Masuk KKS Penerima BPNT Murni Hari Ini, Cek & Cairkan

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 10:14 WITA

INFO GEMBIRA! JADWAL CAIR PKH TAHAP 4 & BPNT JULI, SELAMAT KPM WILAYAH INILAH YANG CAIR DULUAN

Senin, 15 Juli 2024 - 10:10 WITA

BARU DISIARKAN! Bapak/Ibu Penerima PKH BPNT Hari Ini Senin 15 Juli 2024, Mohon Maaf KPM Ini Sudah Dihapus dan Tidak Cair

Senin, 15 Juli 2024 - 10:03 WITA

Kabar Bahagia! 4 Bansos Mendesak Dicairkan Buat Biaya Masuk Sekolah & Bahan Pangan Mulai Hari Ini 15 Juni hingga Minggu Depan

Senin, 15 Juli 2024 - 09:57 WITA

Segera Cek KKS Sekarang! BLT Rp1 Juta Cair di 2 KKS Hari Ini! KPM Golongan Ini Dapat BLT Rp100.000/Bulan? Cek Infonya

Senin, 15 Juli 2024 - 02:11 WITA

REJEKI KPM PKH BPNT YANG DITUNGGU-TUNGGU! UANG PKH TAHAP 4 CAIR RP1.400.000 KATEGORI KPM INI SIMAK

Berita Terbaru