Pembagian Tugas Kasi dan Kaur dalam Pelaksanaan Kegiatan APB Desa

- Editor

Jumat, 22 Desember 2023 - 02:29 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2015, Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa (SOTK Desa) adalah satu sistem dalam kelembagaan dalam pengaturan tugas dan fungsi serta hubungan kerja dan mempunyai tugas secara umum akan dijabarkan berikut.

Kepala Desa

Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat dan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan.
  3. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
  4. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  5. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

Sekretaris Desa

Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa dan bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan serta mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
  2. Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum
  3. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumbersumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
  4. Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

Kepala Urusan

Kepala urusan berkedudukan sebagai unsur staf sekretariat dan membantu Sekretaris Desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan serta mempunyai fungsi:

  1. Kepala urusan tata usaha dan umum memiliki fungsi seperti melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi, dan penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  2. Kepala urusan keuangan memiliki fungsi seperti melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
  3. Kepala urusan perencanaan memiliki fungsi mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

Kepala Seksi

Kepala seksi berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis dan membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional serta mempunyai fungsi:

  1. Kepala seksi pemerintahan mempunyai fungsi melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan, menyusun rancangan regulasi desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, serta pendataan dan pengelolaan Profil Desa.
  2. Kepala seksi kesejahteraan mempunyai fungsi melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  3. Kepala seksi pelayanan memiliki fungsi melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

Kepala Kewilayahan

Kepala Kewilayahan atau Kepala Dusun berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya di wilayahnya dan memiliki fungsi:

  1. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
  3. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
  4. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Kesimpulan

Peran SOTK Desa dalam pemerintahan Desa sudah dijabarkan secara umum diatas, namun sebagai kasi dan kaur yang melaksanakan kegiatan dalam APB Desa dijabarkan secara terpisah dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Berikut kami bagikan Tugas Kasi dan Kaur dalam Kegiatan APB Desa dengan ekstensi file MS Office Excel (.xls) yang dapat menjadikan rujukan dalam melaksanakan kegiatan dalam dokumen APBDes serta dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

DOWNLOAD FILE DISINI

Berita Terkait

Sudah SP2D! Inilah Daftar Nama-Nama Penerima Bansos BPNT Juli & Agustus Yang Cair…
INFO PENTING TASPEN! KHUSUS PENSIUNAN PNS LAMA DAN BARU MULAI 19 JULI 2024, SIMAK INFO NYA
UPDATE BANSOS TERKINI! Bansos PKH, BPNT & PKH Plus di SIKS-NG FIX! BPNT 400 Ribu Cair di Tahap Ini…
KPM Wajib Tahu! 5 Bansos Pemerintah Cair Lagi Hari Ini Kamis 18 Juli – 31 Juli 2024
FIX 2 BLT CAIR HARI INI! UPDATE SIKS NG UNTUK BPNT & PKH JULI AGUSTUS! SUDAH BERUBAH DI SEMUA KKS?
UPDATE TERBARU STATUS 4 BANTUAN REGULER DI SIKS-NG HARI INI (PKH BPNT) KKS & PT. POS! CAIR SEGERA?
Ada Info Penting untuk Pensiunan PNS Golongan 3: Dapat Tunjangan Rp200 Ribu, Baca Syarat dan Ketentuannya
Siap-siap! Bocoran Kebijakan PNS 2025 Bakal Mengubah Sistem Gaji dan Pensiun

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 12:31 WITA

Sudah SP2D! Inilah Daftar Nama-Nama Penerima Bansos BPNT Juli & Agustus Yang Cair…

Kamis, 18 Juli 2024 - 12:29 WITA

INFO PENTING TASPEN! KHUSUS PENSIUNAN PNS LAMA DAN BARU MULAI 19 JULI 2024, SIMAK INFO NYA

Kamis, 18 Juli 2024 - 12:24 WITA

UPDATE BANSOS TERKINI! Bansos PKH, BPNT & PKH Plus di SIKS-NG FIX! BPNT 400 Ribu Cair di Tahap Ini…

Kamis, 18 Juli 2024 - 12:19 WITA

KPM Wajib Tahu! 5 Bansos Pemerintah Cair Lagi Hari Ini Kamis 18 Juli – 31 Juli 2024

Kamis, 18 Juli 2024 - 12:17 WITA

FIX 2 BLT CAIR HARI INI! UPDATE SIKS NG UNTUK BPNT & PKH JULI AGUSTUS! SUDAH BERUBAH DI SEMUA KKS?

Berita Terbaru