Pemdes Bungko Gelar Musdes Tahapan Penyusunan RKPDes 2024

- Editor

Selasa, 20 Juni 2023 - 03:00 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BungkoPemerintah Desa Bungko menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka memulai tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2024 (19 Juni 2024).

Acara yang berlangsung di Kantor Desa Bungko ini juga menjadi momentum penting dalam pembentukan Tim Penyusun RKPDes 2024.

Musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Adat, Linmas, serta berbagai kelembagaan masyarakat lainnya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif dalam perencanaan dan pengembangan desa.

Sangadi Desa Bungko, Bapak Aminulah Paputungan, menyampaikan bahwa Musdes ini memiliki peran krusial dalam menentukan arah pembangunan Desa Bungko pada tahun mendatang.

“Kami sangat menghargai partisipasi dan kontribusi berbagai lembaga masyarakat dalam Musdes kali ini. Dengan berkolaborasi bersama, kita dapat merumuskan rencana kerja yang lebih representatif dan mengakomodasi kepentingan seluruh warga desa,” ungkapnya dalam sambutannya.

Musyawarah Desa ini dilakukan diskusi terbuka untuk memahami aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara luas. Namun pada intinya, terkait penyusunan anggaran kedepannya Pemerintah Desa Bungko masih mengacu pada Pagu Anggaran Tahun 2023 yang sudah di refocusing. Berbagai perwakilan Lembaga Adat, BPD, Linmas, BUMDes, Kelompok Tani, Kelompok Usaha, dan Tokoh Masyarakat hadir untuk memberikan masukan dan pandangan terkait prioritas pembangunan di Desa Bungko.

Ketua BPD Desa Bungko, Erick Alvayeit Paputungan, menyampaikan, “Musdes ini merupakan wadah bagi kami untuk menyuarakan aspirasi masyarakat. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk merumuskan rencana kerja yang berlandaskan kebutuhan riil masyarakat dan dapat menciptakan dampak positif bagi pembangunan desa secara keseluruhan.”

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pembentukan Tim Penyusun RKPDes 2024 yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan dari berbagai Kelembagaan Masyarakat lainnya yang berjumlah 7 orang. Tim ini akan berperan penting dalam menyusun dokumen RKPDes yang komprehensif dan berkelanjutan, dengan menggali potensi lokal serta mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi desa.

Sangadi Bungko menegaskan, “Melalui keterlibatan aktif Tim Penyusun RKPDes 2024 yang mewakili berbagai lembaga masyarakat, kami yakin bahwa rencana kerja yang dihasilkan akan lebih inklusif dan sesuai dengan kebutuhan seluruh elemen desa.”

Musyawarah Desa Tahap Penyusunan RKPDes 2024 ini menjadi contoh nyata bagaimana partisipasi dan kolaborasi lintas lembaga masyarakat dapat membawa perubahan positif dalam pembangunan desa.

Pemerintah Desa Bungko berharap bahwa RKPDes yang disusun akan menjadi acuan dalam mengarahkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan berdaya saing serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Bungko secara keseluruhan. (***)

Berita Terkait

Bakat Terpendam Terpampang: Desa Bungko Meriahkan Ramadhan dengan Lomba Adzan
Sangadi dan BPD Bungko Tinjau Persiapan Lomba Posko Ramadhan dan Monuntul
Sangadi dan Perangkat Desa Jumat Bersih di Lokasi Tugu Desa Bungko
Polres Kotamobagu Gelar Curhat Kamtibmas “Moyodungkul Bo Mongoguman” Bersama Pemerintah Desa Bungko
Pemerintah Desa Bungko Gelar Rembuk Stunting
Desa Bungko Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025
Sangadi Bungko Ajak Warga Berpartisipasi dalam Pemilu Serentak 2024
Laporan Realisasi APBDes Bungko Tahun 2023

Berita Terkait

Jumat, 22 Maret 2024 - 02:22 WITA

Bakat Terpendam Terpampang: Desa Bungko Meriahkan Ramadhan dengan Lomba Adzan

Sabtu, 9 Maret 2024 - 10:18 WITA

Sangadi dan BPD Bungko Tinjau Persiapan Lomba Posko Ramadhan dan Monuntul

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:44 WITA

Sangadi dan Perangkat Desa Jumat Bersih di Lokasi Tugu Desa Bungko

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:50 WITA

Polres Kotamobagu Gelar Curhat Kamtibmas “Moyodungkul Bo Mongoguman” Bersama Pemerintah Desa Bungko

Rabu, 24 Januari 2024 - 13:58 WITA

Pemerintah Desa Bungko Gelar Rembuk Stunting

Berita Terbaru