KPM yang datanya di DTKS belum padan dengan data Dukcapil juga tidak bisa menerima bantuan.
Kemensos tidak dapat mencairkan bantuan jika data KPM belum padan.
5. Tidak Lolos Verifikasi Kelayakan
KPM yang tidak lolos verifikasi kelayakan penerima bantuan, yang dilakukan setiap bulannya oleh pusat, tidak akan menerima bantuan.
Verifikasi ini penting untuk memastikan bahwa bantuan diterima oleh yang berhak.
Mengatasi Kegagalan Pencairan
Jika Anda merasa termasuk dalam salah satu kriteria di atas dan bantuan Anda tidak cair, penting untuk segera melakukan verifikasi dan memperbaiki data yang tidak valid.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:
1. Periksa Data Anda
Pastikan data di DTKS dan Dukcapil sudah padan. Jika belum, segera lakukan pembaruan data.
2. Verifikasi Ulang
Jika tidak lolos verifikasi kelayakan, pastikan Anda mengajukan banding atau memperbaiki data yang menyebabkan kegagalan verifikasi.
3. Hubungi Pihak Terkait
Jika ada kebingungan atau masalah lebih lanjut, segera hubungi petugas PKH atau BPNT di daerah Anda untuk mendapatkan bantuan dan penjelasan lebih lanjut.
Selalu ikuti informasi terbaru dari sumber resmi dan pastikan Anda terus berlangganan pada kanal informasi yang dapat dipercaya.
Jangan lupa untuk selalu mengecek status bantuan Anda dan melakukan pembaruan data secara berkala.