Biasanya, proses klaim akan memakan waktu sekitar satu minggu setelah pengajuan klaim dilakukan.
Jika klaim Anda memenuhi syarat, statusnya akan berubah menjadi “Verifikasi” dan proses ini memakan waktu sekitar satu bulan hingga dana benar-benar cair ke rekening Anda.
Namun, jika klaim Anda tidak memenuhi syarat, Taspen akan memberikan catatan yang menjelaskan alasan penolakan.
Anda kemudian harus melengkapi dokumen atau persyaratan yang diminta dan mengajukan klaim kembali.
Setelah itu, Anda perlu menunggu lagi sekitar satu minggu hingga klaim tersebut diverifikasi.
Mengetahui nomor rekening yang terdaftar untuk pencairan gaji pensiun dan memahami durasi proses klaim Taspen adalah dua hal yang sangat penting bagi pensiunan.
Dengan memahami langkah-langkah di atas, Anda bisa lebih tenang dan terhindar dari kebingungan dalam proses pencairan dana pensiun Anda.
Jangan lupa, bagi Anda yang akan pensiun, pastikan untuk melakukan otentikasi status Anda setiap bulan melalui aplikasi Taspen yang bisa diunduh dari Play Store.
Jika Anda kesulitan melakukan otentikasi sendiri, Anda bisa melakukannya melalui kantor Mitra bayar Taspen atau bank penyalur gaji pensiunan.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. ***