Sejak beberapa hari terakhir, dunia media sosial dihebohkan dengan istilah “Mio Mirza” yang tengah menjadi pusat perbincangan.
Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia pada Selasa (19/3/2024), kata kunci tersebut masih mendominasi trending topic X dengan lebih dari 18.900 tweet terkait.
Asal mula istilah ‘Mio Mirza’ bermula dari platform TikTok.
Secara harfiah, ‘Mio Mirza’ mengacu pada motor Yamaha Mio dan seorang konten kreator TikTok yang dikenal dengan nama Mirza, yang aktif di akun @mirzanrhmnnn.
Namun, kejanggalan muncul ketika akun tersebut tiba-tiba tidak lagi dapat diakses.
Meskipun begitu, banyak akun baru bermunculan di TikTok dengan modifikasi nama yang mirip serta menggunakan gambar profil yang sama dengan sang konten kreator.
Sebelumnya, Mirza telah mengungkapkan ketidaknyamanannya terhadap fenomena ‘Mio Mirza’ yang viral tanpa alasan yang jelas.
Dalam salah satu konten TikTok-nya yang disaksikan oleh 4,8 juta pengguna, Mirza mengeluhkan bahwa ia mulai malas membuat konten karena terganggu dengan komentar-komentar yang menyebut ‘belum tau Mio Mirza’.
“Saya sudah sangat malas untuk membuat konten karena terlalu banyak komentar-komentar ‘belum tau Mio Mirza’,” ungkapnya.
Mirza sering mengunggah konten di TikTok yang menampilkan motor-motor yang telah dimodifikasi.
Pada Senin (18/3) lalu, ia memiliki lebih dari 287.400 pengikut dan kontennya telah mengumpulkan lebih dari 24,6 juta like.
Di antara berbagai motor yang dimodifikasinya, Yamaha Mio menjadi yang paling menonjol.
Mirza melakukan berbagai perubahan pada tampilan fisik dan komponen lainnya pada motor Mio, membuat performanya menjadi lebih unggul dan dapat diandalkan untuk perjalanan jarak jauh (touring).
Dampak dari fenomena ‘Mio Mirza’ adalah munculnya banjir komentar ‘belum tau Mio Mirza’ yang menghiasi berbagai konten TikTok, bahkan pada konten yang sama sekali tidak berhubungan dengan Mirza atau motor modifikasinya. ***