Pada kali ini, kami membawa kabar sangat menggembirakan bagi keluarga penerima manfaat, khususnya penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Pasalnya, berdasarkan hasil rapat terbatas antara Presiden dan Kementerian Sosial Republik Indonesia, diputuskan bahwa empat jenis bantuan sosial akan dipercepat pencairannya mulai hari ini, Jumat berkah, 19 hingga 31 Juli 2024.

1. Bantuan Sosial PKH dan BPNT Cair Bersama

Berdasarkan rapat terbatas tersebut, bantuan sosial PKH dan BPNT dipastikan cair bersamaan.

Keluarga penerima manfaat (KPM) sudah bisa mengecek rekening mereka di empat bank penyalur utama: Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank Syariah Indonesia.

Proses pengecekan rekening sudah bisa dilakukan, dan bagi yang sudah cek rekening, akan segera mendapat dana bantuan yang sangat dinanti.

2. Program Kartu Prakerja Gelombang 71

Program Kartu Prakerja juga dipercepat pencairannya.

Gelombang 71 akan segera dibuka, memungkinkan peserta yang lolos untuk mendapatkan uang transportasi Rp600.000 dan uang survei Rp100.000.

Peserta juga berkesempatan mendapatkan tambahan insentif dari platform pelatihan yang dipilih, seperti Bukalapak dan Tokopedia.

3. Program Pena Muda

Program baru dari Kementerian Sosial, yaitu Pena Muda, kini ditujukan bagi anak muda berusia 20 hingga 30 tahun yang orang tuanya merupakan penerima manfaat PKH.

Program ini memberikan bantuan usaha sebesar Rp5 juta hingga Rp6 juta serta pendampingan untuk mengembangkan usaha mandiri.

Anak-anak muda akan diajarkan berjualan, pengemasan, literasi, dan pemasaran secara online.

4. Program Indonesia Pintar

1 2

Iklan