Pemerintah Indonesia telah memulai penyaluran bantuan sosial tahap pertama untuk tahun 2024 melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan ini diberikan kepada penerima manfaat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Pencairan Bantuan Melalui KKS
Pencairan bantuan dilakukan secara langsung ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikelola oleh Bank Himbara, yang meliputi BNI, BRI, BSI, dan Mandiri, atau melalui Kantor Pos. Ini memudahkan penerima manfaat dalam mengakses dana bantuan yang diberikan.
Perubahan Periode Penyaluran
Terdapat perubahan dalam periode penyaluran bantuan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk PKH, penyaluran tahap pertama tahun ini hanya mencakup dua bulan, yaitu Januari dan Februari. Sedangkan BPNT, penyaluran tahap pertama hanya untuk bulan Januari.
Kebijakan Menteri Keuangan
Kebijakan ini sesuai dengan pengumuman Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang menyatakan bahwa pencairan PKH dan BPNT tahap pertama tahun 2024 akan dilaksanakan sebelum perayaan Idul Fitri, yang dijadwalkan pada akhir Maret 2024.
Bantuan Tambahan BLT Mitigasi Risiko Pangan
Selain PKH dan BPNT, penerima manfaat juga akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp 600.000 per keluarga. Bantuan ini diberikan sebagai pengganti BLT El Nino yang telah diberikan pada tahun sebelumnya.
Detail Bantuan yang Diterima
Total bantuan yang diterima oleh penerima manfaat pada bulan Februari 2024 adalah sebagai berikut:
- PKH:
- Rp 1.800.000 untuk keluarga dengan balita
- Rp 1.500.000 untuk keluarga dengan anak usia sekolah
- Rp 1.200.000 untuk keluarga dengan ibu hamil atau menyusui
- Rp 900.000 untuk keluarga dengan lansia atau disabilitas
- BPNT: Rp 300.000 untuk pembelian beras, telur, dan/atau susu di e-warung terdekat
- BLT Mitigasi Risiko Pangan: Rp 600.000 untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan keluarga
Cara Mengecek Status Pencairan Bantuan
Penerima manfaat dapat mengecek status pencairan bantuan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau dengan menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299. Selain itu, penerima manfaat juga dapat menghubungi bank penyalur atau kantor pos terdekat untuk informasi lebih lanjut.