Modul adalah bahan ajar teks yang lebih cenderung bersifat interaktif, karena modul mengandung unsur-unsur, seperti tujuan pembelajaran, materi, latihan, umpan balik, dan evaluasi. Modul juga dapat disertai dengan unsur visual, seperti gambar, grafik, tabel, dan sebagainya, untuk memperjelas konsep yang disampaikan. Modul dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri atau sebagai bahan ajar tambahan.
3. Bagaimana modul dapat meningkatkan fleksibilitas dalam pembelajaran?
A. Dengan membatasi waktu akses siswa ke materi
B. Dengan menyediakan berbagai metode pengajaran dan evaluasi
C. Dengan membatasi pilihan materi yang disajikan
D. Dengan menyajikan informasi tanpa struktur
Jawaban: B
Modul dapat meningkatkan fleksibilitas dalam pembelajaran, karena modul menyediakan berbagai metode pengajaran dan evaluasi, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Modul juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan, gaya, dan minat mereka. Modul juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di berbagai tempat dan waktu, asalkan siswa memiliki akses ke modul tersebut.
4. Apa tujuan utama dari pembuatan poster sebagai bahan ajar teks?
A. Memberikan informasi dengan cara yang kaku dan formal
B. Menyajikan teks dalam jumlah yang sangat besar
C. Hanya sebagai hiasan kelas
D. Memvisualisasikan informasi dengan grafik dan gambar
Jawaban: D
Poster adalah bahan ajar teks yang bertujuan untuk memvisualisasikan informasi dengan grafik dan gambar, yang dapat menarik perhatian dan minat siswa.
Poster juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, gagasan, atau konsep yang penting, ringkas, dan jelas.
Poster dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung atau bahan ajar alternatif, yang dapat dipasang di dinding kelas atau tempat lain yang mudah dilihat oleh siswa.
Demikian kunci jawaban dari latihan soal Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Media. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengikuti pelatihan PINTAR Kemenag. 😊