Aplikasi ini dibuat khusus untuk KPM yang ingin mengetahui status bantuan mereka, baik itu PKH atau BPNT.
Namun, berbeda dengan SIKS-NG, Aplikasi Cek Bansos baru akan menampilkan status terbaru setelah Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) diterbitkan.
Tanda Saldo Siap Dicairkan
Jika Anda mengecek status bantuan melalui aplikasi Cek Bansos dan menemukan keterangan bahwa bantuan untuk periode September-Oktober 2024 sudah tersalurkan, maka saldo di Kartu KKS Anda sudah siap dicairkan.
Namun, jika belum ada keterangan ini, sebaiknya jangan buru-buru mengecek ke ATM, karena saldo belum tentu ada.
Pastikan terlebih dahulu bahwa SP2D telah diterbitkan. Setelah SP2D turun, barulah Anda bisa mengecek saldo dengan aman.
Biasanya, saldo akan masuk dalam 1-3 hari setelah SP2D turun, jadi Anda tidak perlu khawatir jika belum ada saldo langsung pada hari pertama.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Saldo Tidak Muncul?
Ada kalanya KPM mendapati bahwa bantuan mereka gagal cair meskipun status di aplikasi sudah menunjukkan bahwa bantuan telah disalurkan.
Penyebab paling umum adalah adanya perbedaan nama antara Kartu KKS dan rekening bank.
Jika ini terjadi, bantuan Anda tidak akan dicairkan secara otomatis.
Untuk mengatasi masalah ini, biasanya KPM akan diberikan dua opsi:
1. Pencairan melalui PT Pos Indonesia
Bantuan akan dialihkan ke PT Pos Indonesia, sehingga KPM bisa mencairkan secara tunai di kantor pos terdekat.
2. Menunggu Proses Verifikasi Ulang
Kementerian Sosial akan melakukan pendataan ulang, dan saldo akan dicairkan melalui bank Himbara setelah verifikasi selesai.
Tips Agar Tidak Bolak-balik ke ATM